Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan

 on Saturday, July 23, 2016  

Khasiat dan manfaat madu lebah – Madu merupakan suatu cairan yang bersumber dari lebah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan serta mempunyai rasa yang nikmat. Sejak zaman dahulu madu telah menjadi salah satu obat tradisional bagi kalangan masyarakat. Umumnya ada 2 jenis madu, yaitu madu yang berwarna putih dan berwarna hitam.
Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan
Madu lebah yang bukan dari hasil peternakan melainkan madu dari lebah liar banyak memiliki khasiat yang tinggi dengan kandungan gula dan zat besi yang sangat besar (Madu Hitam). Berikut ini beberapa zat yang terkandung dalam madu lebah:
  1. Vitamin C – Dengan vitamin C, anda dapat mencegah penyakit gusi berdarah dan kerusakan pada gigi maupun persendian.
  2. Vitamin B Complex dan Vitamin K – Ini sangat berguna untuk mencegah pendarahan.
  3. Kadar Gula – Kadar gula pada lebah berasal dari buah-buahan. Penderita kencing manis dapat menggunakannya sebagai pengobatan dengan dosis sedang.
Lalu bagaimana dengan madu yang berasal dari peternakan, Apakah dapat dijadikan sebagai obat?
Ya, sangat bisa. Asalkan madunya murni bukan hasil dari olahan manusia yang telah dicampur dengan berbagai macam zat. Sebaiknya jika ingin membeli madu, anda harus mempunyai pengetahuan untuk mengidentifikasi apakah madu tersebut asli atau bukan. Nah berikut adalah khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan anda.

Khasiat dan Manfaat Madu Lebah Bagi kesehatan

Madu dapat mempercepat kesembuhan dari berbagai macam penyakit, memberikan daya tahan tubuh yang tinggi dan bagi lansia. Selain itu, madu lebah dapat mengobati penyakit dalam, jantung, paru-paru, liver, penyakit kulit, gusi, penyakit yang diakibatkan minuman beralkohol/minuman keras. Diantara khasiat dan manfaat madu yang lain adalah dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan wajah seperti menghaluskan wajah dan menghilangkan jerawat..

Manfaat Madu Hitam

Anda dapat mengurangi resiko penyakit seperti kanker, stroke, penyakit kista dengan mengkonsumsi madu hitam. Manfaat madu hitam juga dapat menjadi perangsang hormon, mencegah ejakulasi dini pria dan wanita, menguatkan daya ingat, serta menunda penuaan dini.

Madu hitam yang pahit
Madu jenis ini menjadi obat alternative terbaik untuk membantu proses penyembuhan penyakit kronis, hal itu karena madu hitam pahit mengandung Alkaloid yang tinggi dan anti biotik. Madu jenis ini pun sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat membantu untuk menormalkan gula darah tinggi karena kadar Glukosa yang dikandungnya, dalam artian lain sangat baik untuk penderita diabetes.

Bagiamana bentuk Madu yang berkualitas ?

  1. Madu asli dari lebah bukan madu yang telah diracik dengan racikan dari gula kelapa dan lain-lain. Anda harus berhati-hati pada penjual-penjual madu berjalan yang biasanya banyak kita jumpai di tempat-tempat umum seperti tempat wisata ataupun yang langsung mendatangi rumah anda. Ciri-cirinya yaitu tidak adanya label pada wadah/kemasan, terdapat bangkai lebah di dalamnya, terasa manis akan tetapi terasa serik ditenggorokan dan tidak adanya kehangatan yang kita rasakan dalam tenggorokan dan perut. Jadi pastikan anda membeli madu di tempat yang terpercaya.
  2. Salah satu keunikan madu yang berkualitas adalah tidak dikerumuni dengan semut. Saya biasa menumpahkan sedikit madu pada lantai akan tetapi tidak ada semut yang mengerumuni. Saya juga pernah membeli madu yang memang botolnya langsung yang dikerumuni semut, jadi bisa dipastikan perbedaan dari kedua madu ini.
  3. Madu yang kental.
Sampai disini semoga anda telah mengetahui beberapa khasiat dan manfaat madu lebah untuk kesehatan. Anda hanya perlu untuk membiasakan diri, dan pilih madu mana yang cocok untuk anda karena selera setiap orang berbeda-beda.

Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan 4.5 5 Sakkarupa Saturday, July 23, 2016 Khasiat dan manfaat madu lebah  –  Madu  merupakan suatu cairan yang bersumber dari lebah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan serta memp...


No comments:

Post a Comment