Pengertian Makanan Dan Minuman

 on Monday, July 25, 2016  

Pengertian Makanan dan Minuman- Makanan dan minuman merupakan dua zat yang begitu berperan penting dalam kehidupan manusia.
Pengertian makanan dan minuman
Makanan adalah zat yang dikonsumsi untuk memberikan dukungan nutrisi bagi tubuh. Makanan biasanya berasal dari tanaman, hewan, dan nutrisi penting  seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Zat tersebut tertelan oleh organisme dan diasimilasi oleh organisme sel dalam upaya untuk menghasilkan energi , mempertahankan hidup, atau merangsang pertumbuhan. [en Wikipedia]. Baca Makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh agar seluruh organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.
Sedangkan minuman merupakan zat cair atau cairan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Pada umumnya manusia membutuhkan Air putih yang jernih dan layak minum tentunya. Dalam dunia kesehatan diketahui bahwa mengkonsumsi air sebanyak 2 liter perhari dapat berdampak positif bagi tubuh. Ini dikarenakan banyaknya organ-organ dalam tubuh manusia yang proses kerjanya sangat bergantung pada asupan cairan yang masuk dalam tubuh manusia.

Untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang ideal maka manusia harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Meskipun seperti itu, tidak baik mengkonsumsi makanan secara berlebih karena apapun yang berlebihan itu tidak baik. Seorang yang cerdas akan memperbaiki pola makannya sehingga mendapatkan tubuh yang sehat dan bebas dari berbagai macam penyakit tentunya. Baca Penyebab Kolesterol Tinggi

Kita semua tahu bahwa tidak semua minuman dapat diterima oleh tubuh kita dengan baik. Salah Contohnya adalah minuman beralkohol. Alkohol merupakan senyawa karbon yang mengandung atom oksigen berikatan tunggal. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa alcohol memicu timbulnya kanker pada berbagai titik dalam tubuh manusia seperti mulut, tenggorokan, dan payudara.

Walaupun masyarakat mengetahui akan bahayanya minuman beralkohol namun tetap saja masih dikonsumsi. Ini dikarenakan kurang kuatnya jiwa dalam melawan segala yang diinginkan oleh hawa nafsu. Jika anda ingin hidup sehat maka jagalah tubuh anda dengan menjauhi segala hal-hal yang dapat merusaknya, utamanya pada makanan dan minuman yang kita konsumsi termasuk minuman beralkohol.

Pola makan sehat

Kita harus memperhatikan beberapa hal agar kita mempunyai pola makan yang sehat, diantaranya: Jumlah makanan yang kita konsumsi, jenis makanan, dan jadwal makan.
Banyaknya makanan yang kita konsumsi harus sesuai dengan besarnya energy yang kita keluarkan. Sebagai parameter apakah porsi makan kita telah baik adalah berat badan. Berat badan yang ideal perlu untuk dipertahankan agar tubuh kita tidak rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Jenis makanan yang kita konsumsi harus mempunyai proporsi yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Disarankan komposisinya adalah 55-65% karbohidrat, 10-15% protein, dan 25-35% lemak. Adapun golongan karbohidrat yang biasa kita konsumsi adalah nasi, roti, mie, dan kentan. Sedangkan protein terbagi menjadi dua, yaitu protein hewani dan protein nabati. Contoh protein hewani diantaranya Daging, telur, ikan, dan susu. Contoh protein nabati yaitu kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Dalam dunia kesehatan kita mengenal lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Lemak jenuh ini kita dapat dalam makanan umum kita sehari-hari seperti gorengan dll. Adapun lemak tidak jenuh bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi minya zaitun, minya wijen, dan minyak nacola. Lemak jenuh memberikan efek yang baik bagi organ-organ dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi Lemak tidak jenuh lebih banyak maka artinya kita meningkatkan kolesterol yang baik dalam tubuh. Selain karbohidrat, protein, dan lemak. Tubuh kita juga memerlukan vitamin dan mineral, kita bisa memenuhi vitamin dan mineral dalam tubuh dengan buah dan sayuran. Agar makanan yang kita konsumsi dapat dicerna dengan baik oleh tubuh maka diperlukan serat. Untuk itu, minumlah air minimal 2 liter/hari.

Jadwal makan yang ideal untuk mendapatkan pola makan yang sehat adalah 5 – 6 kali sehari, yaitu sarapan, snack, makan siang, snack, makan malam, dan snack malam apabila diperlukan. Agar terhindar dari penyakit maag, maka sebaiknya makan sedikit namun sering.

Dengan menerapakan gaya hidup dan pola makan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari maka kita akan menjadi lebih sehat dan tahan dari berbagai macam penyakit. Demikianlah pengertian makanan dan minuman.

Pengertian Makanan Dan Minuman 4.5 5 Sakkarupa Monday, July 25, 2016 Pengertian Makanan dan Minuman- Makanan dan minuman  merupakan dua zat yang begitu berperan penting dalam kehidupan manusia. Makanan ad...


3 comments:

  1. PROMO ! suplemen peninggi & suplemen pelangsing, Penggemuk.dll kunjungi aplikasi SUKA SEHAT di google playstore

    ReplyDelete
  2. mau diet yah gampang tinggal kurangin makan aja

    OKBPOKER
    AGEN JUDI ONLINE
    POKERQQ
    CAPSAQQ
    DOMINOQQ
    BANDAR CEME ONLINE
    POKER88
    IDN POKER
    ORANG KAYA BARU
    DEPOSIT DENGAN PULSA

    Silakan hubungi kami melalui cara di bawah ini
    BBM : OKBPOKER
    WhatsApp : 081362175344
    LINE : OKBPOKER.COM

    ReplyDelete
  3. JAGODOMINO Agen poker Online Terpercaya dan terbaik di Indonesia

    *Minimal Deposit Hanya Rp 15.000
    *Minimal Withdraw Hanya Rp 30.000
    *Proses Deposit & Withdraw Super Cepat & aman
    *Dilayani Oleh CS yang Profesional dan Ramah 24 Jam
    *Player Vs Player Dijamin 100% (Tanpa Robot)

    *=================[BIG PROMO]=================*

    *Bonus CASHBACK 0.2%-0.5% [SETIAP HARI]
    *Bonus REFERENSI 20% [SEUMUR HIDUP]

    info selanjutnya silahkan hubungi CS 24 jam yang siap melayani anda...
    WA: +855717086677
    BBM: jago288

    Untuk pendaftaran Langsung Kunjungi Link Resmi Kami

    ReplyDelete